Wednesday, November 23, 2016

Muhammad Abduh: Pembaharu dan Pemikir Modern Islam

Muhammad Abduh (1850-1905)
1.    Biografi Muhammad Abduh
Syaikh Muhamad Abduh bernama lengkap Muhammad bin Abduh bin Hasan Khairullah. Beliau dilahirkan Mesir, tepatnya di desa Mahallat Nashr di Kabupaten Buhairah, tahun 1850 M/1266 H, dari keluarga yang tidak tergolong kaya dan bukan pula keturunan bangsawan. Muhammad Abduh hidup dalam lingkungan keluarga petani di pedesaan. Namun demikian, ayahnya dikenal sebagai orang terhormat yang suka memberi pertolongan. Semua saudaranya membantu ayahnya mengelola usaha pertanian, kecuali Muhammad Abduh yang oleh ayahnya ditugaskan untuk menuntut ilmu pengetahuan.
Kemudian dari latar belakang keluarga yang sangat menjunjung tinggi akan Ilmu pengatahuan terutama tentang Agama, sehingga biarpun beliau sudah menikan ia tetap diminta oleh orang tuanya untuk menuntut Ilmu lagi.  Karenadesakan ini ia melarikan diri dari rumah dan lari ke ke Syibral Khit dimana di desa ini banyak tinggal keluarga dari ayahnya. Kemudian disinilah dia bertemu dengan Syeikh Darwisy Khidr, salah seorang pamannya sendiri yang mempunyai pengetahuan mengenai Al-Qur’an dan penganut Thariqah Asy-Syadziliah.[1] Selain itu Syeikh Darwisy juga telah hafal Muwaththa’ Ibnu Malik dan beberapa kitab hadits lainnya.
Dari pertemuan inilah beliau yang pada awalnya tidak mengatahui hakikat Ilmu pengatahuan maka mulai semangat beliau untuk belajr kembali yaitu di di Mesjid  dan pada akhirnya ia menjadai salah satu pemikir yang cukup terkenal dengna pemikirannya yang rasional dalam memahami dan menjelaskan Permasalahan berlaku. Misalnya pemikiran rasionalnya dalam menjelaskan makna dan kandungan dalam Al Qur’an, dan bagaimaa ia melihat akan perlunya suatu trobosna baru dalam memahami hakikat manusia itu sendiri ksehingg timbul semangat untuk membangun dan mempersatukan Umat Islam.
Kemudian ia melanjutkan studinya di Universitas Al-Azhar, yaitu pada bulan Februari 1866. Berawal dari sinilah ia banyak mengenal Syaikh Hasan Ath-Thawi, Muhammad Al-Basyuni, dan Tahun 1871 Muhammad Abduh mulai berkenalan dengan Jamaludin Al-Afghani. Pemkir-pemikir inilah yang merubah pemikiran beliau dan membuat beliau termotivasi untuk membangun kemabali keemasan umat Islam yang sudah pudar setelah masa keruntuhan umat Islam di masa Dinasti Abbasiyyah sebelumnya.
2.    Pemikiran Muhammad Abduh
Sudah dijelaskan di atas bahwa pada awal pemikirannya dalam bidang yang berbau polotik atau termasuk dalam pemikiran pembahru Islam adalah berawal dari perkenalan beliau dengan Al Af Ghani ini, diawali dengan rajinnya Abduh mengikuti pertemuan-pertemuan ilmiah yang dilaksanakan oleh Jamaluddin Al-Afghani. Lama kelamaan hubungan ini berhasil mengalihkan pemahaman Muhammad Abduh dari tasawuf dalam arti yang sempit, sebagai bentuk tata cara berpakaian dan zikir, kepada tasawuf dalam arti yang lebih luas, yaitu perjuangan untuk melakukan perbaikan keadaan masyarakat, membimbing mereka untuk maju, dan membela ajaran-ajaran Islam.
Hal ini terbukti sebagaimana Muhammad Abduh dan jamaludin dalam kelompok yang di lahirkan oleh pemikiran Jamaludin Al Af Ghani. Yang mana tujuan dari gerakan kelompok ini adalah untuk membangun persatuan dan persaudaraan Umat Islam yang sudah lama hilang dari dalam diri Umat Islam pada masanya beliau ketika itu. Misalnya dalam peristiwa yang disebut “Revolusi Urabi Pasya”, diman Muhammad abduh juga memilki peranan yang cukup penting, sehingga ia dan sahabatnya yang lain  sempat di penjarakan dan dibuang keluar negeri pada tahun 1882, pada mulanya di Beirut dan kemudian diparis. Kemudian pada tahun 1884 ia bersama dengan gururnya Jamaludin Al Af Ghani mengeluarkan majalah yang bernama al Urwah al Wusqa, tetapi usia majalah ini tidak lama. Hal ini karena mendapat tantangan dari bangsa Eropa.


[1]  Tarekat ini didirikan oleh Syaikh Abul Hasan Asy- Syadzali. Tarekat ini merupakan salah satu tarekat terbesar disunia.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com